Rabu, 09 Januari 2013

Contoh Teks Pidato tentang "Sholat Tahajud"

Assalamualaikum Wr.Wb 
Yang terhormat kepada Bapak Kepala Sekolah SMPN 179
Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru
Serta teman-teman yang saya cintai
       Salam sejahtera saya haturkan. Syukur alhamdulillah mari senantiasa kita panjatkan kepada Allah Yang Maha Kuasa atas limpahan kenikmatan yag tak terhitung jumlahnya. Shalawat serta salam  semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.       Amma ba’du. Tak pelak shalat adalah ibadah yang paling utama dalam ajaran Islam. Dilihat dari berbagai segi-historis perintah sholat, nilai keagungan spiritual dan sosial umat tidak mengherankan shalat menjadi ibadah terpenting. Apa yang menjadi fokus saya kali ini adalah membahas tentang satu sholat Sunah yang sudah terbukti  betapa dahsyat manfaatnya bila kita melaksanakan “Sholat Tahajud”.  Sholat ini didefinisikan sebagai sholat sunnah yang dilakukan setelah menjalankan sholat Isya’ dan setelah bangun dari tidur malam hari, meskipun tidurnya hanya sebentar. Perlu kita ketahui, shalat Tahajud awalnya diwajibkan kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT (Q.S. Al-Muzammil [73]:1-4). Namun, ketika kewajiban Tahajud ini memberatkan kaum Mukminin sebagai sebuah perintah yang bersifat wajib, maka setahun kemudian Allah menghapusnya dan menggantinya dengan kewajiban shalat fardhu lima waktu yang merupakan buah dari perjalanan Isra’ dan Mira’j Nabi Muhammad SAW.
         Banyak rahasia yang dapat kita ungkap, bahwa shalat Tahajud ternyata menyimpan bergudang keutamaan, diantaranya adalah ditinggikan derajatnya menuju maqamam mahmudan (Kedudukan yang terpuji) (Q.S. Al-Isra [17]: 79), digolongkan dalam mukmin sejati (Q.S. As-Sajdah [32]: 15-16), sarana untuk menggapai surga, menjauhkan diri dari kelalaian hati (H.R. Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak), menjadi penyebab keterkabulan doa, dan masih banyak manfaat dari Sholat Tahajud.        
         Hadirin sekalian, Sholat Tahajud adalah Sholat malam yang dilimpahkan Rahmat oleh Allah SWT. Selain terdapat manfaat yang begitu banyak, kita juga dapat merasakan keajaiban bila melaksanakan sholat malam ini. Saya akan menyebutkan beberapa keajaiban yang telah dirangkum dalam sebuah buku yang pernah saya baca, pertama adalah Memiliki Intuisi atau firasat yang tajam, mendapatkan kemudahan dalam menghadapi berbagai masalah dan problem, optimis menghadapai berbagai masalah yang menghadang, sholat diakhir malam menimbulkan rasa nyaman dan aman, merasa selalu dekat oleh Allah SWT, tehindar dari perasaan stress berkepanjangan, mendapat bimbingan dan petunjuk menghadapi berbagai masalah yang biasanya muncul ketika sedang duduk istirahat dan berdoa di sela-sela solat malam, mendapat pertolongan dan kemudahan dari tempat yang tidak pernah diduga, meningkatkan kecerdasan spiritual, dan banyak lagi keuntungan lain yang tentunya tidak sama pada setiap orang, tergantung kekhasan masing-masing.       
       Pada tahun 2001 yang lalu, Moh Sholeh dalam usahanya meraih gelar doktor di fakultas Kedokteran Unair, meneliti pengaruh Shalat Tahajud Terhadap Peningkatan Perubahan Respon Ketahanan Tubuh Imonologik. Sholeh menemukan, jika Tahajud dilakukan secara kontinyu, ikhlas dan khusyuk, akan menimbulkan respon ketahanan tubuh (imonologi), khususnya pada imonoglobin M, G, A dan limfositnya yang berupa persepsi dan motivasi positif. Penelitian itu membuktikan, Tahajud yang dilakukan secra kontinyu, jauh lebih baik daripada kekuatan meditasi dan Dr. H. Encep Hadjar, ketika masih bertugas di Rumah Sakit Fatmawati Jakarta, pernah membuktikan “keajaiban” ketika beberapa pasien tekanan dara tinggi dan darah rendah diperiksa pada waktu usai sholat Tahajud dan saat mengadakan zikir di tengah malam. Ternyata tekanan darahnya menjadi normal.Itulah segudang manfaat dan keajaiban dari sholat Tahajud, sholat Sunah pada malam hari. 
Oleh karna itu sebagai mukmin sejati lebih baiknya bila kita melaksanakan sholat Tahajud untuk melengkapi ibadah kita kepada Allah SWT dan salah satu cara meminta pertolongan kepada-Nya.

Sekian pidato dari saya, sekiranya dengan ini kita bisa tau bagaimana meminta pertolongan kepada-Nya. Kurang lebihnya saya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Nama: Putri Aulia
Kelas: IX-4/ 27

3 komentar: