smakbo.sch.id

smakbo.sch.id

Jumat, 11 Januari 2013

Contoh Resensi Buku Bahasa Indonesia kelas IX


Judul                           : Bahasa Indonesia untuk SMP/ MTS kelas IX
Penulis                                    :  -Atikah
                                       -Yuwono
                                       -Suhartanto
Penerbit                     : Pusat Perbukuan ( Departemen Pendidikan Nasional)
Tahun Terbit               : Jakarta, Juli 2008
Tebal                          : viii, 194 halaman



                        
Kesan pertama yang kita keluarkan ketika mendengar kata bahasa adalah berkomunikasi. Sehingga, Departemen Pendidikan Nasional menerbitkan beberapa buku, yang salah satunya adalah Buku Bahasa Indonesia untuk SMP/ MTS kelas IX yang penulisnya didatangkan langsung dari ahli Bahasa yang terampil mengapresiasi dan berkomunikasi. Tujuan diterbitkan buku ini adalah agar siswa lebih efektif dan terampil dalam berbahasa dan mengapresiasi beberapa karya  sastra. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, mengajukan topik-topik yang ada di dalam kehidupan sehari-hari sehingga mudah kalian pahami. Topik-topik ini dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan seperti memahami dialog interaktif, mengomentari, membedakan fakta dan opini dalam teks iklan, meresensi, memahami syair, menulis cerpen, menuliskan naskah drama, memusikalisasikan puisi, dan lain-lain.  
Lewat buku ini, penulis juga mengarahkan kalian untuk menguasai semua bidang studi dan meningkatkan kemampuan kalian dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu di dalam buku ini terdapat rangkuman dan latihan soal setiap babnya. Kemudian terdapat daftar isi, daftar pustaka, dan glosarium yang membuat kita menjadi lebih mudah untuk memahami buku ini. Buku ini juga memiliki kualitas yang baik sehingga tahan lama dan tidak mudah robek.
Dimana ada keunggulan disitu ada kekurangan, di dalam buku bahasa Indonesia ini hanya terdapat beberapa gambar dan warna teks yang memiliki 3 warna yaitu hitam, putih dan biru. Sehingga memberikan kesan pembaca untuk malas membuka buku terbitan Departemen Pendidikan Nasional ini. Padahal penyajian gambar dan tulisan yang berwarna dapat meningkatkan daya tarik buku tersebut. Isi dalam buku ini sudah lengkap. Meskipun contoh – contoh soal per bab dalam buku ini masih sedikit, sehingga membuat pembaca mengalami kesulitan.
Terlepas dari semua itu buku ini sangat dibutuhkan, khususnya untuk siswa kelas IX SMP/MTS agar dapat memperdalam kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, secara lisan maupun tulisan.  Dari total 194 halaman banyak pengetahuan yang dapat kita lihat, buku ini membuat pembaca menjadi lebih kreatif dan berwawasan luas. Pembaca juga akan menyukai buku ini, karna banyak informasi yang belum kita ketahui sebelumnya dan bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

3 komentar: