smakbo.sch.id

smakbo.sch.id

Senin, 17 September 2012

Pengisi baterai Nicad


Pengisi baterai Nicad

-          Tiap baterai Nicad mempunyai tegangan 1,2 volt lebih rendah 0,3 volt jika dibandingkan dengan baterai biasa atau baterai alkaline.
-          Sebuah pengisi baterai NiCad yang baik harus mempunyai spesifikasi antara lain:
1.      Autoshut-off, kemmapuan charger untuk mengentikan arus pengisian sebuah baterai NiCad jika kapasitas baterai Nicad sudah terisi penuh.
2.      Polarity Protection, dengan adanya kemampuan ini maka jika terdapat pemasangan baterai yang tebalik pada charger dapat diketahui
3.      Tegangan Ouput Konstan
4.      Arus output cukup untuk mengisi beberapa baterai Nicad sekaligus secara parallel.
5.       Short Circuit Protection, dengan adanya rangkaian proteksi ini maka jika terjadi hubungan singkat yang ditimbulkan oleh baterai mamupun rangkaian charger sendiri tidak akan merusak bagian yang lain yang tidak rusak.

“Semakin besar arus pengisiannya maka baterai akan semakin cepat terisi namun suhu baterai akan dengan cepat naik. Suhu baterai yang terlalu tinggi dapat menyebabkan baterai NiCad ini rusak atau bahkan meledak.”

Karakteristik Baterai Nickel Cadmium
1.      Baterai NiCad harus diisi dengan besar arus yang konsten
2.      Baterai akan penuh terisi jika mencapai 140% pengisian dari pengisian maksimum baterai tersebut.
3.      Variasi peubahan tegangan baterai tergantung dari fungsi pengisian dan juga tergantung dari suhu baterai tersebut.
4.       Paa saat pengisian telah selesai maka suhu akan naik dengan cepat (panas meningkat dengan cepat) sehingga charger perlu dimatikan. Karena jika tidak dimatikan akan dapat menyebabkan suhu baterai akan naik terus dan pada akhirnya akan meledak.

Hal yang perlu diperhatikan untuk pengisian baterai NiCad
1.      Besar arus pengisian yang konstan
2.      Menggunakan switchmode Converter untuk menaikan tegangan output charger jika tegangan baterai yang di-charge di atas 10 volt
3.       Pengaman rangkaian. Rangkaian pengaman pada rangkaian biasanya menggunakan pengaman arus dan pengaman autoshut off.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar