smakbo.sch.id

smakbo.sch.id

Kamis, 20 Maret 2014

MENGENAL BEBERAPA METODE MEMBACA BUKU DAN CONTOH SURAT PRIBADI.

1. SQ3R

Langkah-langkahnya

S (Survei) = Melakukan pengamatan awal terhadap indetitas buku dan gambaran umum isinya. Survei merupakan langkah awal sebelum membaca secara teliti.

Q (Questions) = Maksudnya bertanya kepada hati mengenai isi buku tersebut, dan bertanya dengan diri sendiri informasi apa yang akan di dapat di dalam buku itu.

R (Read) = Maksudnya setelah menyusun pertanyaan kunci, barulah kita membaca buku tersebut secara teliti.

R (Recite) = Maksudnya setelah membaca secara teliti suatu bab, seseorang harus berhenti sejenak untuk mengendapkan dan mengingat kembali informasi apa yang sudah di dapat.

R (Review) = Maksudnya kita harus menelusuri kembali hal-hal penting yang sudah di dapat sebelum menghakhiri kegiatan membaca tersebut.


2. POINT

P (Purpose) = Maksudnya pada langkah awal, kita harus memiliki tujuan untuk apa membaca buku tersebut.

O (Overview) = Maksudnya melakukan peninjauan awal secara sekilas untuk mengetahui garis besar isinya, dan memutuskan untuk melanjutkan membaca buku tersebut atau tidak.

I (Interprate) = Maksudnya setelah anda melakukan peninjauan awal dan memutuskan untuk membaca buku tersebut, maka bacalah buku tersebut. Interpretasikanlah maknanya.

N (Notes) = Setelah membaca secara teliti  dan mengerti makanya, buatlah catatan penting untuk diingat selamanya.

T (Test) = Pada tahap air kalian harus menguju diri sendiri hal apa saja yang telah dibaca.

3. PQRST

P (Preview) = Melakukan pengamatan awal terhadap identitas buku dan gambaran umum isi buku tersebut. Preview merupakan langkah pertama dalam membaca secara teliti. Langkah ini sama dengan Survei.

Q (Questions) = Maksudnya bertanya kepada hati mengenai isi buku tersebut dan menyakan kepada diri sendiri informasi apa yang akan di dapat setelah membaca buku tersebut.

R (Read) = setelah menyusun pertanyaan kunci, barulah kita membaca buku tersebut secara teliti.

S (Summarize) = Setelah membaca buku dengan teliti dan mendapatkan informasi yang dinggap penting. Kalian dapat membuat ringkasan atau catatan penting untuk diingat.

T (Test) = Pada tahap akhir, kalian dapat menguji diri sendiri apa saja hal-hal yang sudah dibaca.



Contoh Surat Pribadi.

Contoh ini saya mengambil tema tentang "Surat Ucapan berbela Sungkawa"



                                                                                                Bogor, 18 September 2010  

Sayangku, Dika Aulia
Jl. Malioboro
Yogyakarta


      Assalamulaikum Wr.Wb.
      Hai sayang, bagaimana kabarmu disana? Bagaimana kedaan keluargamu disana? Aku harap kalian semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Aku disini baik-baik saja dan lagi semangatnya untuk bersekolah.

     Iyaa, kemaren aku mendapat kabar bahwa kamu kecelakaan motor dan harus di opname bahkan sempat masuk ruang ICU. Aku turut berbela sungkawa, aku sangat sedih atas kecelakaan yang menimpamu ini. Aku sempat terpukul juga karna kabar ini, dan aku ingin sekali menjenguk mu kesana tapi aku tidak bisa. Aku salalu berdoa untuk keadaan mu disana, dan mendoakan kesembuhanmu. Kamu jangan lupa ya untuk makan dan slalu meminum obat yang dokter berikan. Dan jika memungkin untuk sholat, sholatlah sambil tiduran. Salam buat keluargamu, semoga kalian diberi ketabahan atas musibah ini.

     Cukup sudah ya sayang, semoga kau lekas sembuh.
     Wassalamualaikum Wr.Wb.



                                                                                                       Kekasihmu,



                                                                                                        Putri Aulia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar