smakbo.sch.id

smakbo.sch.id

Senin, 16 April 2012

Tugas Bahasa Indonesia


SISWA SMPN SUDAH MULAI MEROKOK


Maraknya siswa yang merokok , akibat dari pengaruh teman ataupun rasa keingintahuan seorang remaja pria, memicu meningkatnya jumlah perokok di kalangan pelajar. Mereka sebenarnya tau dampak negatif dari merokok itu sendiri. Karena kurangnya kesadaran akan bahaya merokok, mereka tidak mehgiraukan dampak tersebut.
Salah satu contoh, SMPN Negeri di Jakarta tepatnya di daerah Kalisari, Pasar Rebo, terdapat kurang lebih 20 orang siswa yang diduga mengkonsumsi rokok. Salah satu siswa SMPN tersebut mengaku memulai merokok sejak masuk sekolah menengah pertama, dan juga ada yang mengaku sejak dari bangku sekolah dasar. Biasanya, pemicu hal tersebut adalah dorongan dari teman-teman sebaya mereka, ada juga yang karena keinginan sendiri ataupun rasa keinginan tahuan yang tinggi. Sering sekali mereka merokok di area sekolah seperti WC putra, pojok kantin, bahkan di Warkop-warkop terdekat. Karena harga rokok yang mudah dijangkau, biasanya siswa membeli menggunakan uang saku yang diberikan orang tua untuk bekal sekolah. Barang tersebut juga  dengan mudah berpindah tangan , dari siswa satu ke siswa lainnya, ada juga yang mengaku mendapatkan rokok itu dari uang hasil palakan adik kelas yang mereka tindas.
Dampak negatif dari merokok sudah mereka rasakan. Sesak nafas yang menghadang mereka, bahkan ada juga yang sampai dirawat dikarenakan mengalami radang paru-paru. Sebagian besar dari mereka belum berfikir untuk berhenti merokok, tetapi ada juga yang sudah berhenti karena sudah merasakan dampak negatif yang ditimbulkan dari merokok.
Awalnya mereka merasa takut untuk mencoba, tetapi ketika mereka sudah mulai menghisap rokok walaupun mulanya terasa pahit, tapi lama kelamaan mereka sudah mulai terbiasa dan akrab disebut dengan “Kecanduan”. Dorongan siswa untuk merokok juga terdapat dari pengaruh anggota keluarga seperti ayah maupun sanak saudara. Akibat anarkis dari hal seperti ini juga dialami oleh siswa SMPN tersebut yaitu tindakan dipukuli dengan keras oleh orang tuanya, karena tidak ada orang tua manapun yang menginginkan anaknya berlaku tindakan menyimpang salah satunya merokok.



NAMA: PUTRI AULIA
KELAS: 85/29
SMPN 179

Tidak ada komentar:

Posting Komentar